WWW.Biarkan-Penaku-Bergoyang.blogspot.com
Biarkan Penaku Bergoyang

Jumat, 19 Desember 2008

Terapi Strees Ala Gue

Setiap manusia pasti punya masalah. Entah itu besar atau kecil, entah banyak atau sedikit, pasti ada suatu hal yang membebani pikiran kita.Namun semua itu tergantung kita sendiri untuk menyiasatinya. Karena setiap orang memang punya sifat sendiri-sendiri. Ada yang tertutup, ada juga yang terbuka, semua itu kembali pada pribadi seseorang. Namun taukah anda, kalau memendam terlalu banyak masalah di hati maupun fikiran kita, akan sangat berbahaya bagi kesehatan jiwa maupun fisik kita. Saya bisa mengatakan seperti itu, karna saya sendiri pernah mengalaminya. Bisa dibilang, saya adalah salah satu wanita yang cukup tertutup orangnya. Apalagi kalau dalam hal yang saya anggap sangat pribadi, apalagi kalau sudah menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan keluarga saya. Sangat tabu rasanya, bila ada orang luar yang tau tentang itu.


Ibaratnya sebuah gelas, bila dituang air terus menerus, lama-lama akan penuh, dan air pun akan tumpah dengan sendirinya. Begitu pula dengan otak kita. Semakin banyaknya masalah yang dipendam, semakin banyak pula beban yang harus ditampung oleh otak. maka tak bisa dipungkiri kalau kerja saraf otak kita juga akan semakin maksimal. Sehingga energi yang ada dalam diri kita juga akan banyak tersedot kesana. Akibatnya badan kita akan terasa semakin lemah, sehingga malas untuk beraktifitas, dan satu lagi yang tak bisa dihindari, kita juga akan sering merasakan pusing di bagian kepala. baik migren maupun sakit kepala biasa. Dan pusing itulah yang menjadi salah satu gejala strees.

Bila kita sedang stress. seakan kita selalu sibuk memikirkan sesuatu. akibatnya, makanpun malas, dan parahnya, tidurpun akan sulit dilakukan (insomnia) . Padahal kita tau, kalau dua hal itu begitu penting bagi kita. Apalagi bagi kesehatan dan ketahanan tubuh kita.

Sehingga tak dapat dipungkiri, kalau kita sedang banyak pikiran, maka kita pun akan mudah sakit. Bagaimana tidak, dengan banyaknya beban di otak kita, otomatis kita akan malas makan, padahal makanan adalah sumber energi bagi kita. Selain itu makanan juga mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain makanan, tidur pun merupakan hal yang penting bagi tubuh kita. Selain dapat merilekskan dan merefrees kan pikiran, tidur juga dapat mermberikan kekuatan, terutama dalam daya tahan tubuh. Kalau tidak percaya, cobalah anda tidak tidur beberapa hari. Pasti badan akan terasa lemah, mata bengkak, bahkan hal yang sering dirasakan adalah masuk angin. Kalau sudah seperti itu, penyakit-penyakit yang berbahaya pun akan mudah untuk menggerogoti tubuh anda.

Namun anda tidak perlu kuatir. Berikut saya punya beberapa trik untuk menghindari dan bisa juga menanggulangi strees

1. Jangan terlalu tegang menghadapi suatu masalah, rileks saja lah. Toh bukan anda saja yang punya masalah. Orang lain juga punya masalah. Dan bahkan, mungkin masalah yang mereka hadapi lebih besar dan kompleks dari pada masalah anda sekarang.

2. Kalaupun anda malu untuk berbagi masalah pada orang tua anda, carilah seorang teman atau saudara yang anda anggap sabar dan bisa dipercaya, dan yang lebih penting, dia bisa menjaga rahasia anda. Pilihlah waktu dan tempat yang tepat, terutama ketika dia sedang tidak sibuk dan sedang tidak banyak masalah juga. Ungkapkan segala isi hati anda. Terutama hal-hal yang mengganjal dipikiran. Kalau ingin menangis, menangislah sebisa anda. Sampai dada anda terasa plong. Hal ini untuk melegakan hati anda. Jangan sekali-kali menyimpan masalah sendiri. Karna terkadang anda juga butuh saran dari orang lain untuk menyelesaikan masalah . atau paling gak, beban anda akan terasa semakin ringan , karna tidak anda saja yang memikirkan masalah itu, tapi orang yang anda curhati juga ikut memikirkannya, dan tentu saja untuk memberi anda saran.

3. Lupakan lah masalah anda sejenak dengan rekreasi atau melakukan hobi anda. atau bahkan anda bisa cukup bersantai dengan berendam dalam air hangat yang di beri sedikit garam. Walaupun ini hanya bersifat sementara dalam menghilangkan stres. tapi akan cukup membantu untuk merilekskan pikiran anda.

5. Minumlah secangkir teh hangat, untuk membuat anda sedikit releks, terutama dalam memikirkan masalah anda.

4. Belajarlah untuk melakukan duduk nafas / meditasi. tentang tips untuk meditasi , silahkan anda membaca artikel sebelumnya. Selain untuk menghilangkan aura negatif dari tubuh kita, meditasi juga melatih pernafasan, bahkan juga menyerap aura positif dari kekuatan alam. sehingga ini sering digunakan seseorang untuk memupuk tenaga dalam. selain itu meditasi juga bisa merilekskan pikiran kita. dan membuat wajah kita menjadi cerah.karna banyak aura positif yang masuk di dalam tubuh kita.

5. Jalan-jalan di pagi hari juga bisa mengatasi setres . Selain udaranya masih segar, pikiran kita pun masih segar. Segar ketemu segar kan jadinya segeeeeeeeeer tenan. heehehehehe....
jalan-jalan tidak harus jauh dari rumah anda. anda cukup jalan-jalan dihalaman anda, yang banyak kerikil/batu kecil-kecilnya. dan saya sarankan, hendaknya kita tidak usah memakai alas kaki. dengan demikian, kaki kita akan menginjak kerikil/batu kecil itu. Hal ini dilakukan untuk merangsang saraf kita. Perlu anda ketahui, saraf-saraf penting kita itu mengumpul di telapak kaki. selain itu juga di jempol kaki. oleh karena itu, biasanya kalau ada orang yang memijit syaraf, pertama kali yang dilakukan adalah memencet jempol kaki. karna disitulah tempat syaraf-saraf penting berada. kalau saraf tidak begitu peka, biasanya anda akan mudah terkena penyakit-penyakit dalam. paru-paru, dan jantung misalnya

6. Semakin Mendekatkan diri pada tuhan. hal ini sebagai introspeksi diri kita. Dan dapat dilakukan sesuai dengan ajaran agamanya masing-masing. Percaya saja lah sama yang diatas. Tuhan memberikan kita masalah itu, karna dia memang sayang sama kita. dia tau kalau kita itu mampu untuk menyelesaikannya. Anggap saja ini sebuah ujian untuk menaikkan setatus anda baik dalam hal ekonomi sosial maupun dalam hal apa saja. "Kalau tuhan saja yakin dengan kemampuan anda, kenapa anda harus ragu ?"

7. Bila anda sudah menikah, Bercinta dengan istri atau suami anda adalah termasuk juga salah satu trik untuk mengatasi setress. Karna melalui itu anda akan merasakan kenikmatan sekaligus kepuasan. Atau orang sering menyebutnya surga dunia. Namun jangan sekali-kali anda mencobanya, bila anda belum menikah. Karna bila hal itu sampai anda langgar. Stress anda akan semakin bertambah. apalagi kalau orang yang bercinta dengan anda itu hamil atau bahkan anda sendiri yang di posisi hamil itu. Wah........, mungkin tidak hanya anda dan pasangan yang setress namun keluarga kalian juga akan strees. Tapi bagi anda yang sukses dalam bercinta, atau lolos dari kehamilan diluar nikah, anda juga harus waspada. Belum tentu pacar anda sekarang, adalah suami anda nanti. Kalaupun dia akhirnya jadi istri atau suami anda, ya mungkin akan adem ayem. Namun bila orang lain yang menjadi istri atau suami anda. Bagaimana anda bisa mempertanggung jawabkan tindakan anda yang telah memberikan haknya kepada orang lain ? pasti anda akan merasa sangat bersalah sekali. Makanya hati-hati saja lah dalam bergau. Jangan suka coba-coba.

Demikianlah tips dari saya, semoga bermanfaat, dan bisa mengobati stress anda.

0 komentar:

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA......,SILAHKAN MENINGGALKAN PESAN DI BUKU TAMU YANG TELAH TERSEDIA....!!!

Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com . Powered by Blogger and PDF Ebooks